Tips Belajar Gitar Bagi Pemula

Share:


Diartikel kali ini saya ingin sharing tentang tips-tips belajar gitar yang terlihat "SEPELE", namun penting untuk anda miliki atau bentuk sebagai dasar memulai belajar gitar. Nah artikel ini saya buat khusus untuk anda yang masih sangat baru sekali dalam belajar gitar dan bingung untuk memulai. Tentunya anda sendiri yang sudah ngerasain belajar gitar pernah merasa bahwa bermain gitar adalah hal yang sangat susah dan menyakitkan jari-jari kita. Itu adalah alasan sering digunakan kebanyakan pemula untuk mengurungkan niatnya belajar bermain gitar. Maka dari itu mari simak tips-tips berikut ini:

1. TUJUAN YANG JELAS
Dalam belajar hal apapun, kita pasti akan menemukan kesulitan atau hambatan yang akan dilalui. Tujuan merupakan hal penting yang harus dimiliki saat memulai belajar gitar. Tentunya temen-temen disini akan menjawab, "tujuan belajar gitar ya biar bisa main gitar" tapi tujuan seperti itu belum cukup sebagai modal temen-temen agar bisa niat dalam belajar gitar. Temen-temen disini harus memiliki tujuan yang jelas seperti "Tujuan belajar gitar supaya bisa ngeramein pas lagi kumpul bareng" atau "Tujuan belajar gitar untuk seseorang yang spesial" dengan memiliki tujuan yang jelas temen-temen tentunya akan tidak memikirkan susah atau kesulitan dan akan terfokus pada tujuan temen-temen.

2. NIAT
Banyak orang yang mengatakan bahwa bakat bakat adalah hal penentu supaya bisa bermain gitar. Namun sebenarnya yang menentukan adalah niat. Niat disini akan sangat berperan penting karena dengan adanya niat, kalian pasti bisa mengatasi hambatan atau kesusahan dengan mudah. Hambatan yang biasa dialami adalah tidak memiliki gitar. Anda bisa menabung supaya bisa beli gitar atau kalian bisa pinjam ke teman anda untuk belajar dll. Semuanya diperlukan niat karena kalau tidak ada niat pasti hambatan dan kesusahan sepele menjadi kan alasan untuk tidak lanjut belajar bermain gitar.

3. CARA BELAJAR
Disini cara belajar juga sangat penting untuk diperhatikan dalam belajar bermain gitar. Dalam belajar bermain gitar tentunya anda harus sering-sering mendengarkan lagu. Tetapi banyak pemula yang akhirnya bosan bermain gitar karena cara belajar yang salah. Kebanyakan orang akan menghafalkan Chord sebuah lagu dan akan menyanyikannya berulang-ulang. Metode seperti bukan salah, namun anda perlu mengupgradenya. Tidak perlu mendatangkan les private atau mengikuti bimbingan dengan harga tinggi untuk mengajarkan anda teknik-teknik bermain gitar seperti progresi chord, cara strumming dll. Anda bisa berguru pada teman anda atau belajar dari internet seperti youtube dan website-website yang sharing mengenai belajar bermain gitar.

4. MENENTUKAN GENRE
Setelah ketiga tips diatas sudah dibahas, yang terkahir adalah menentukan genre yang anda sukai. Bagi yang belum tau "genre", genre adalah aliran yang terkandung dalam sebuah lagu atau kriteria sebuah lagu tersebut contohnya pop, jazz, country, blues, slow rock. Ini bertujuan supaya Anda tidak bosan dalam belajar bermain gitar karena anda menyukai genre lagu tersebut.

5. SHARING SESAMA PEMAIN GITAR
Dilingkungan kita tentunya ada orang kita kenal dan juga bermain gitar, mungkin teman, saudara, orang tua, bahkan tetangga. Anda bisa mengambil ilmu dari mereka dan terapkan dalam bermain gitar. Tidak perlu merasa tersaingi karena pada dasarnya tidak ada yang lebih hebat atau lebih pandai hanya setiap pemain gitar memiliki gaya atau style yang berbeda-beda.

Mungkin kelima tips diatas tidak membuat Anda menjadi gitaris profesional seperti Slash atau Sungha Jung, namun setidaknya dengan tips diatas dan waktu berproses Anda sudah bisa mengiringi sebuah lagu dengan lancar. Semoga Bermanfaat.


Tidak ada komentar